KAMU GANTI KODE INI SESUKA KAMU ▼

TAMBAHKAN PEMBERITAHUAN YANG KAMU INGINKAN DISINI, BISA BERUPA LINK JUGA

Jumat, 20 Desember 2013

Cara Unlock Bootloader dan Root Sony XPERIA J ST26i


Cara Unlock Bootloader dan Root Sony XPERIA J ST26i Firmware 11.2.A.0.31 - Apakah ada yang bertanya - tanya mengapa android harus di Root dan Unlock Bootloader ?

Unlock Bootloader :
Bootloader merupakan komponen yang mengawali proses booting (menyalakan perangkat) yang pada umumnya dikunci oleh pihak produsen untuk menghindari perubahan pada OS atau sistem Android. Kita perlu membukanya untuk alasan yang sama, setelah dibuka (di-unlock) kita bisa merubah urutan booting dan memodifikasi OS sesuai kebutuhan kita.

Root :
Proses mendapatkan hak root melalui subsistem Android. Rooting perangkat Android pada beberapa perangkat mudah dilakukan. Jika Anda akan menginstal custom ROM, kernel, patch atau addons ke perangkat Android Anda, anda perlu rooting. Hal ini dapat diilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara manual (menggunakan fastboot) atau dengan metode otomatis (menggunakan toolkit atau perangkat lunak). Disini, saya akan menggunakan metode manual dengan perintah fastboot.

Sebetulnya jika kita sudah Unlock Bootloader, kita tidak perlu lagi Root Android kita secara manual, jika android anda sudah di Unlock Bootloader, maka kita hanya perlu mengganti Kernel android kita, dan pada kernel biasanya sudah terinstall Clockworkmod atau disingkat CWM, bahkan ada kernel yang langsung terpasang Root didalamnya.

Jika saya sendiri lebih memilih untuk Unlock Bootloader, lalu ganti Kernel, dan yang terakhir adalah mengganti ROM, biasanya saya lebih suka ROM CyanogenMod atau ROM hasil modifikasi CyanogenMod.

Langsung saja kita mulai cara Unlock Bootloader Xperia J :
  1. Cek IMEI, caranya ketik *#06# , lalu catat no. IMEI tersebut.
  2. Cek apakah Xperia J anda bisa di unlock, caranya ketik
    *#*#7378423#*#* lalu masuk opsi Service Info dan Configuration, lihat apakah allow unlock = yes, maka anda bisa Unlock Bootloader Xperia J anda.
  3. Lalu masuk unlockbootloader.sonymobile.com lalu arahkan kebawa dan kilik  klik Start unlocking the boot loader, arahkan kebawah lagi lalu klik Continue, lalu klik Yes, i'm sure. Beri tanda ceklis pada pilihan yang ada lalu klik I accept. Selanjutnya Isikan nama anda, nomor IMEI handphone anda, dan alamat email anda (yang aktif) karena unlock kode akan dikirimkan ke email anda.  
  4. Matikan Xperia J anda, lalu masuk ke Fastboot mode dengan menekan tahan Volume up/atas sambil menghubungkan ke PC dengan kabel USB (Xperia J dalam keadaan mati)
  5. Jika proses diatas sudah berhasil dilalui, matikan handphone Xperia J anda, lalu tekan dan tahan tombol volume (+) sambil mencolokkan kabel usb dari laptop/komputer ke handphone anda, jika lampu indikator menyala warna biru maka xperia j anda telah berhasil masuk ke mode fastboot. Namun, agar xperia j anda terbaca oleh komputer, terlebih dahulu anda harus menginstall drivernya yang bisa anda download disini.
  6.  Jika driver sudah terinstall, langkah selanjutny adalah proses unlock. Yang dibutuhkan untuk mengunlock xperia j anda adalah aplikasi fastboot yang bisa anda download disini.
  7. Setelah berhasil mengunduh, ekstraklah aplikasi tersebut ke dalam sebuah folder (buat folder baru pada drive c: agar tidak sulit mencarinya).
  8. Setelah itu, buka command prompt (cmd) dengan cara tekan bersamaan tombol windows+R pada keyboard komputer/laptop anda. Arahkan pada folder dimana tadi anda mengekstrak file-file fastboot tersebut (contoh>> c:\root jessica\ )
  9. lalu ketikkan (pada cmd tersebut) fastboot.exe -i 0x0fce getvar version untuk memastikan device sudah terhubung dengan komputer/laptop. 
  10. Pastikan sudah seperti gambar diatas, jika belum berarti handphone anda belum terbaca dengan benar oleh komputer/laptop, silakan dicoba lagi. 
  11. Kalau device sudah konek ke komputer/laptop dengan benar langkah selanjutnya adalah ketik fastboot.exe -i 0x0fce oem unlock 0xKEY (KEY adalah kode untuk unlock bootloader yang anda terima melalui email tadi).
  12. Jika sudah muncuk tulisan (bootloader) unlock phone requested
    OKAY [ 0.387S ]
    finished. Total time 0.387s , maka Proses Unlock Bootloader anda berhasil

Untuk Root Xperia J, karena jika Xperia J anda sudah di Unlock Bootloader, maka anda hanya harus mengganti Kernel menggunakan Flashtool yang bisa anda cari di forum.xda-developers.com, lalu ganti Custom ROM sesuai keinginan anda, dan biasanya setiap Custom ROM sudah di Root oleh pembuat Custom ROM itu sendiri.

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Dengan Sopan.

Referral Banners